Akibat Stes yang Berlebihan, Bisa Menggangu Kesehatan Area Keawanitaan

Depresi sebagai keadaan yang lumrah dirasakan apa lagi saat wabah sekarang ini, kita harus menyesuaikan dengan kehidupan yang baru. Pasti bukanlah hal gampang untuk menangani keadaan ini, walau sebenarnya depresi berlebihan berpengaruh negatif pada kesehatan.

Tanpa diakui salah satunya imbas kesehatan yang terjadi karena depresi khususnya untuk wanita adalah masalah kewanitaan.

Direktur Promo Kesehatan dan Pendayagunaan Warga, Kementerian Kesehatan RI, dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO menerangkan, Pemerintahan selalu mengingati keutamaan Pergerakan Warga Hidup Sehat (GERMAS) terhitung Sikap Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di dalamnya supaya warga sadar kesehatan dan mempunyai perbekalan pengetahuan untuk berperangai hidup sehat, seperti mempertahankan kesehatan tempat individu.

Ditambah lagi wanita, penting untuk mengaplikasikan individual hygiene supaya terbebas dari beragam penyakit yang menggangu fisiologis tempat kewanitaan atau alat reproduksi.

“Oleh karena itu pembelajaran penting supaya semakin banyak wanita yang mempunyai kesadaran untuk jaga kesehatannya,” tuturnya.

Demikian juga yang dikatakan Psikiater Influencer, Cantik Sundari Jayanti, M.Psi., menerangkan, depresi berlebihan bukan hanya memberi dampak pada emosional tetapi berpengaruh pada organ pada tubuh.

Untuk wanita, masalah transisi bulanan, keputihan berlebihan dan suasana hati swing yang tidak teratasi sebagai pertanda yang penting dicurigai karena depresi berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk menangani depresi supaya tidak lama-lama dirasa. Olahraga tiap pagi adalah langkah kurangi depresi.

Disamping itu, jaga kebersihan tempat kewanitaan penting juga dilaksanakan untuk menolong kurangi masalah pada tempat kewanitaan dan membuat perasaan nyaman untuk wanita.

“Jaga kebersihan kewanitaan bisa menolong wanita untuk menangani keadaan depresi,” tutur Cantik.

Sekretaris Jenderal Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) – Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Dr. dr. Tofan Widya Utami, Sp.OG (K)- Onk menerangkan, Stress yang berarti ditambahkan oleh kurang terjaganya higiene tempat kewanitaan bisa memacu abnormalitas dan tingkat keparahan permasalahan di tempat itu.

BACA JUGA  Catat ini Tips Agar Hemat Sa'at Traveling

Tempat kewanitaan yang terlihat di luar ini sebenarnya ialah vulva yang malah harus dijaga kebersihannya secara benar-benar simpel, di mana bisa dibilas dan dibikin bersih dengan sabun yang dipakai di saat mandi.

Karena kulit yang melapis badan kita ada mikroflora dan kuman bakteri, karena itu disarankan memakai sabun antiseptik dan diteruskan dengan sabun yang cukup halus (moist) supaya tidak menyebabkan kulit jadi kering.

“Sebetulnya badan kita telah mempunyai alami defense yakni dalam masalah ini vagina mempunyai kesetimbangan (equilibrium) mikroflora normal sebagai pertahanan pada beragam keadaan bakteri (penyakit). Semua keadaan yang mengusik kesetimbangan mikroflora normal di vagina ini akan memacu peralihan keadaan hingga terjadi beberapa keadaan inflamasi (infeksi) atau infeksi. Salah satunya usaha untuk tingkatkan mikroflora dengan memberi gizi berbentuk prebiotik dan jaga kebersihan tempat kewanitaan,” tuturnya.

Head of Pemasaran PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Anastasia Damayanti sampaikan, menyorot peristiwa depresi berlebihan, sebagai salah satunya imbas dari masalah psikis health, yang rupanya banyak dicari di Google. Trendingnya bahkan juga naik 50% semakin banyak dibandingkan tahun 2020. Yang jarang-jarang dijumpai ialah depresi berlebihan rupanya dapat memengaruhi fisiologis tempat kewanitaan. Pembelajaran bersama dengan beragam faksi diharap sanggup mencapai semakin banyak wanita Indonesia supaya jadi lebih sehat.

“Betadine senang menyembahkan serangkaian produk perawatan kesehatan kewanitaan lewat portofolio Betadine Feminine Care. Serangkaian Betadine Feminine Care Daily Wash mempunyai keunggulan memiliki kandungan Prebiotik yang aman dipakai setiap hari dan bisa menolong mempertahankan kesehatan tempat kewanitaan, dan memberi pengalaman unik lewat kesan foamnya. Khusus untuk masa menstruasi, Betadine sediakan variasi Betadine Feminine Hygiene yang memiliki kandungan antiseptik Povidone – Iodine 10% hingga bisa memberi pelindungan ekstra untuk menangani infeksi kuman.”

BACA JUGA  10 Netbook 3 Juta-an 2022: Anti Lelet dan Awet